Oleh: Jalod | 16/06/2009

Tempat Paling Menyeramkan Di Jakarta


Bukan bermaksud menakut-nakuti, tapi ini berdasarkan media massa juga omong-omongan masyarakat sekitar tentang wilayah-wilayah Jakarta dan sekitarnya yang menyeramkan.

1. RUMAH PONDOK INDAH
Lokasi: Jl. Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan

Di rumah ini katanya kerap ada penampakan hantu bapak-bapak dan perempuan. Menurut kisah yang beredar pada akhir September 2002, terjadi peristiwa aneh tentang hilangnya seorang seorang tukang nasi goreng di depan rumah yang tak berpenghuni tersebut. Kejadian ini jadi menghebohkan, karena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya.

Menurut cerita, malam sebelum hilang tukang nasi goreng tersebut hendak mengantar nasi goreng yang dipesan oleh seorang perempuan ke dalam rumah. Lalu ia tak pernah keluar lagi. Rumah itu sendiri adalah milik sebuah keluarga yang lagi-lagi menurut cerita, seluruh penghuninya tewas dalam peristiwa perampokan. Nah sejak itu, banyak orang yang lewat kerap melihat jelmaan hantu, seperti hantu bapak-bapak dan hantu perempuan yang diduga hantu si penghuni rumah.

2. TAMAN KOTA LANGSAT, MAYESTIK
Lokasi: Di belakang pasar burung Barito Jak-Sel.

Konon, sering muncul kuntilanak dan genderuwo di tempat ini. Taman Langsat adalah fasilitas olah raga dan bersantai yang cukup lengkap. Tapi karena jarang digunakan orang, taman ini menjadi sepi dan tekesan angker. Di sini seringkali terlihat penampakan hantu kuntilanak dan genderuwo di beberapa pohon-pohon besar di taman tersebut. Ibu Rahmat (34), penjual rokok di tepi taman Langsat, yang sudah 25 tahun membuka kios rokok tersebut bertutur seringkali orang-orang yang lewat dan mampir di kios rokoknya lari terbirit-birit karena melihat hantu. Ia sendiri tenang-tenang saja selama berjualan di dekat situ.

3. RUMAH KENTANG PRAPANCA
Lokasi: Jl. Dharmawangsa 9, Jakarta Selatan, persis di sebelah salah satu klab malam terkemuka di daerah ini.

Di rumah ini menurut cerita, sering nampak hantu anak kecil. Disebut rumah kentang karena menurut cerita, dulu ada seorang anak kecil yang tewas terjatuh kedalam kuali besar yang tengah merebus kentang. Apabila Anda sedang ‘mujur’ dan lewat di depan rumahnya, Anda dapat mencium aroma kentang rebus dan mendengar suara anak kecil menangis. Seorang pedagang rokok bernama Agip (24) mengaku sering mencium aroma kentang rebus, terutama menjelang malam. Tapi baginya itu sudah biasa.

4. LINTASAN KERETA BINTARO
Lokasi: Bintaro, Jakarta Selatan

Konon di daerah ini kerap bermunculan hantu-hantu korban tragedi tabrakan kereta Bintaro. Tragedi tahun 1987 itu menewaskan ratusan orang dengan tubuh yang rusak dan hancur. Konon, lintasan ini dianggap angker karena sering terdengar suara orang menangis dan menjerit. Salah satu penjaga pintu kereta tersebut mengaku sering melihat hantu buruk rupa yang melintas dan berdiri di tengah rel.

5. JEMBATAN ANCOL
Lokasi: Jembatan Ancol (eks jembatan goyang), Pantai Ancol, dan daerah lain sekitar Ancol, Jakarta Utara

Di sini, sejak era 60-an sudah terkenal mitos Maryam, si Manis jembatan Ancol. Menurut cerita, dijembatan ini Maryam bunuh diri dengan menerjunkan diri ke kali Ancol. Bahkan sampai sekarang banyak pengemudi kendaraan baik mobil maupun motor selalu membunyikan klakson jika melintas di jembatan ini. Konon itu tanda permisi kepada yang ‘empunya’ jembatan, hantu si Maryam. Lutfi, rekan penulis malah sempat menceritakan langsung kepada penulis bahwa sudah dua kali ia melintas di jembatan tersebut pada malam hari, dan selama dua kali itu pula motornya mogok tanpa sebab. Untungnya ia tak menemui hal-hal aneh. Kecuali motornya bisa berjalan lagi setelah didorong menjauhi jembatan.

6. KLENDER
Lokasi: Sekitar Mall Klender, Jakarta Timur

Konon, di daerah ini sering terjadi penampakan makhluk korban kebakaran kerusuhan Mei 1998. Mall ini memang menjadi salah satu bangunan yang hangus terbakar saat kerusuhan. Bukan saja bangunannya yang habis terbakar tetapi juga menyebabkan ratusan tewas terpanggang. Usai kerusuhan tersebut, dilaporkan banyak kejadian aneh, misalnya, segerombolan orang menyetop angkot di depan pertokoan, ketika sudah jalan sekitar 100 meter, semua penumpang angkot tersebut wajahnya berubah menjadi hangus. Semenjak pertokoan ini dibangun dan ramai kembali di tahun 2000, sudah tidak banyak lagi kejadian mistis di sekitarnya. Ini mungkin juga karena warga masih menghormati dan memperingati hari berkabung setiap tanggal 14 Mei. Namun beredar cerita, ada seorang pembeli di Mall tersebut yang membeli suatu barang dan dibungkus plastik. Tetapi sesampainya dirumah, begitu bungkusan itu dibuka, ternyata berisi kain kafan.

7. TEROWONGAN CASABLANCA
Lokasi: Jl. Basuki Rachmat, Jakarta Timur

Diterowongan ini katanya sering muncul seorang nenek-nenek bersama cucunya atau perempuan cantik yang sedang menyebrang jalan. Menurut warga sekitar, terowongan ini dibangun di atas tanah pekuburan hingga menjadikannya angker. Menurut beberapa warga Casablanca, ketika pembongkaran kuburan tersebut, bahkan ada 1 jenazah yang masih utuh. Dari terowongan Casablanca sampai kira-kira radius 40 meter sesudahnya, banyak terjadi kecelakaan yang penyebabnya tidak masuk akal. Biasanya karena pengendara motor atau mobil melihat sesosok perempuan tiba-tiba menyeberang di hadapan kendaraannya, sehingga pengemudi kendaraan tiba-tiba banting setir dan menabrak pembatas jalan. Menurut warga, ada baiknya jika melewati terowongan ini, pengemudi kendaraan membunyikan klakson untuk “menyapa” penghuni terowongan. Apalagi pada akhir tahun 90-an, ada seorang laki-laki separuh baya yang gantung diri dengan spanduk di jembatan ini.

8. KUBURAN JERUK PURUT
Lokasi: Kelurahan Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Kuburan ini memang terkenal angker. Konon, film “Hantu Jeruk Purut” pun diangkat karena saking seramnya kuburan ini. Di pekuburan kuno ini sering muncul penampakan Pocong, tuyul, kuntilanak, kuntilanak, dan kalau Anda beruntung, Hantu Pastur Kepala Buntung! Kesaksian Pastur kepala buntung ini pertama kali diceritakan Bapak Sapri tahun 1986 yang mengaku melihat sosok hantu pastur buntung sedang membawa kepalanya sendiri dan diikuti seekor anjing. Konon, jika Anda ingin menemui pastur legendaris ini, Anda harus datang pada malam Jumat dengan jumlah ganjil (sendiri atau bertiga).

9. PERTIGAAN KREO
Lokasi: Jl. Cileduk Raya (batas) dengan Jakarta Selatan

Berdekatan dengan pasar kreo, Kantor PLN serta supermarket Giant. Pertigaan dengan arah Cileduk-Cipadu-Kebayoran Lama ini konon sudah banyak memakan korban jiwa terutama kendaraan sepeda motor. Kejadian yang sering terjadi adalah pada malam hari ketika ingin belok nampak jalan seperti sepi, ada anak kecil/nenek menyeberang jalan tiba2, kadang Lelaki bertubuh besar melintas jalan sehingga pengendara yang berpas-pasan kaget dan terjadilah… brak..

10. JEMBATAN LAYANG KEBAYORAN LAMA
Lokasi: Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Persis ketika menanjak dari arah Cileduk atau sebelum menurun dari arah Mayestik ada sebuah tikungan dan sesudahnya sudah memakan banyak korban jiwa. Kejadiannya hampir sama dengan pertigaan Kreo hanya kadang ada seorang anak muda yang tiba2 berjalan kearah yang berlawanan arah dengan tiba menyebrang jalan, konon karena tabrak lari ketika anak muda tersebut hendak pergi sekolah di pagi buta.

Tapi jangan takut, semuanya itu baru cerita, konon dan katanya. Belum ada yang bisa memastikan keotentikan cerita-cerita tersebut. Mungkin ada memang yang sudah menjajal namun semua kembali kepada pribadi masing-masing.
Mohon jika ingin menjajal atau membuktikannya harus bersama orang yang ngerti akan dunia supranatural/metafisik (orang pintar)..

Jadi, takut gak..?

unikunik.web.id
Diperbaharui kembali 16-06-2009, By Jalod

About these ads

Responses

  1. Hmm ngeriii

    • tatuuuuuutttt…

  2. masa iaa pertigaan kreo seremm…. w suka lewat situ klo kekampus..yang ada didepan kmpus gue.. BUdi Luhur suka bnyk kecelakaan yg mengerikan….

    • wahh…yg bener putri……,,,mungkin karena jalan yg tidak memadai…macet habis..

  3. percayalah dg gaib karena memang ada

  4. saya pernah ikut tim penarikan benda gaib di goa nagaraja cilacap bersama ustad azis hidayatullah banyak sekali gaib yang muncul rasanya takjub sekali dg kekuasaan tuhan.

  5. namanya juga dunia…..allah maha besar dengan segala firmannya…..sebagai manusia kita tak perlu heran apabila kita melihat keganjilan di sekitar kita … yang penting kita bisa menghargai dan menghormati ke sesama mahluk…..dan tidak saling mengganggu apalagi merugikan………..

  6. serem d dekat kampus adik q

  7. mana ni linkbacknya, laporin ke wordpress biar dibanned


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: