Oleh: Jalod | 29/07/2009

Penyakit Cantengan dan Obat Tradisionalnya


CANTENGAN (Paronychia)
Cantengan adalah peradangan yang terjadi di daerah sekitar kuku yang ditandai dengan rasa nyeri berdenyut, bengkak, dan kemerah-merahan.

Penyebab
Disebabkan oleh berbagai factor, seperti memotong kuku terlalu pendek sehingga ujung kuku merobek kulit ketika tumbuh, memakai sepatu yang terlalu ketat, dan gerakan kaki yang berhenti secara tiba-tiba ketika berolah raga, seperti basket dan bulutangkis, sehingga kuku menghujam ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi.

Pengobatan herbal
Resep 1 (pemakaian luar)
• Daun pacar kuku/pacar jawa secukupnya
• Gula merah secukupnya
• 1 sdt air perasan jeruk nipis
• Cuci bersih semua bahan, haluskan, tambahkan air perasan jeruk nipis.
• Tempelkan atau kompres pada bagian yang sakit.
• Balut dengan kain kasa, biarkan 3-4 jam, lalu ganti dengan yang baru.

Resep 2 (pemakaian luar)
• Daun dan batang tempuh wiyang
• Gula pasir secukupnya
• Haluskan tempuh wiyang, tempelkan pada sekitar kuku yangsakit, lalu balut.

Resep 3 (pemakaian luar)
• Herba pacar air secukupnya
• Cuci bersih bahan, lalu haluskan.
• Tempelkan di sekitar kuku yang sakit, lalu bungkus dengan kain kasa.

Resep 4 (pemakaian luar)
Pacar Kuku Arab
• KHASIAT DAUN INAI (DAUN PACAR)

Daun inai biasanya sering dipakai untuk cat kuku atau cutex, Namun di samping itu masih ada gunanya yang lain, yakni sebagai obat luka.
Jika kuku tangan anda membengkak, atau jari kuku tersandung batu, maka gunakanlah daun inai/pacar untuk mengobati-nya.
Caranya:
— Daun inai/pacar ditumbuk sampai halus.
— Dicampur sedikit tawas.
— Lalu tempejkan ramuan tadi pada bagian yang sakit.
Insya Allah bengkak akan segera hilang.

Sumber : http://www.ademati.org

Resep 5 (pemakaian luar)

  1. Setiap Pagi, sore dan malam sebelum tdur Kompres Luka Cantengan dengan air Hangat (soalnxa kalau direndam Nyerinya ampe ke ubun2)
  2. Setelah di rendam dan kulit memutih, Bersihkan nanah dan luka dengan Kain yg bersih (Kasa atau Perban) jgn dengan Kapas!!! Karena akan ada sisa2 kapas yg menempel
  3. Setelah di bersihkan biarkan Kaki yg Cantengan Kering (skitar 3mnt)
  4. Teteskan Albothyl «~(obat ini ada di apotek) 1 sampe 2 tetes setiap selesai kaki di kompres dan di bersihkan
  5.  Biarkan Mengering , Lakukan Metode ini Setiap hari selama 3 hari berturut_turut jgn ampe terputus, dalam waktu 2 hari pun udah keliatan koq tanda2 kesembuhan

Pantangannya antara Lain :

  • Setiap kali Memakai Kaos kaki Tutup luka cantengan dengan Kasa atau perban yg halus
  • Jangan Memotong Kuku anda, Sampai kuku itu terus Tembus atau muncul keluar di sela2 daging, kenapa?? Karena kalau terus di potong lancip , kuku akan terus2 kembali mendorong ke arah daging yg cantengan, jd biarkan saja kuku terus tumbuh , sampai cantengan sembuh baru bisa anda rapikan(tp jgn potong dalem2 lg)
  • Usahakan Kaki yg cantengan jangan terkena air saat anda mandi, ikat dengan plastik atau semacamnya

Sumber : Cotsload, the_ants99@yahoo.com

Catatan :
Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur sampai sembuh.

Resep Lainnya

- Salep “garamicyn” harganya Rp. 25.000 empat kali oles sudah sembuh!!

Ambil bawang merah 2 atau 3 butir kupas dan cuci sampai bersih,
Giling, namun jangan sampai halus,
Bubuhi dengan minyak kelapa sebanyak satu sendok makan,
Aduk hingga minyak tersebut tercampur dengan bawang,

Kemudian ambil secarik daun pisang,
Letakkan ramuan bawang dan minyak kelapa tadi diatas daun pisang,
Kemudian bakar diatas api sedang sampai panas.

Pemakaiannya:
Dalam kondisi panas (sekuat kita) ramuan ini kita balutkan ke jari yang cantengan bersama-sama dengan daun pisangnya, lalu balut lagi dengan kain perban dan ikat supaya tidak lepas.

Ulangi penggunaan obat ini selama 3 sampai 4 kali sehari. Selama 2 atau 3 hari secara berturut-turut. Rasakan rasa berdenyut-denyut pada kaki anda lambat laun akan berkurang. Dan pada hari keempat canetngan anda akan hilang. Tak perlu ke dokter atau operasi.

About these ads

Responses

  1. mksiih yaa buat saranya bntu bnget ingsaaloh q cba doakan yaa mudahan cepet sembuh solnya penyakit ini sngt mnyiksa q skli lg mksiih

    • Sami2.. Selamat mencoba n semoga lekas sembuh…

    • Aku punya obat kuku cantengan hasil racikan dokter spesialist kulit. Saya juga pernah mengalami bagian jempol tangan, sangat menyiksa berkat obat itu Sekarang sdh sembuh alhamdulillah.
      mau lihat resepnya klik di http://www.obatkuku.blogspot.com

  2. bung gw ga ngerti cp kerja ni obat. Apa nantinya ga kambuh lg? Kalaupun sembuh sy sangat yakin ini hnya sementara. Kalo menurut gw penyebab cantengan yg diurai diatas ga begitu ektrim. Itu cuma salah satu penyebab dr luar itupun diawali dengan pemotongan kuku yg terlalu pendek. Penyebab yg pasti dari dalam yaitu kita terlalu bnyk makan berlemak. Contoh makan telur berturut-turut selama beberapa hari. Itu pengalaman gw.

  3. buat temen2 yang mungkin punya masalah kuku cantengan, silahkan klik ke http://www.kukucantengan.com
    mudah2an tidak akan kambuh lagi, sudah ada yang mencoba obat ini alhamdulillah tidak kambuh lagi. mudah-mudahan bermanfaat…

  4. mgkn ada g` yang lebih cepet dari itu? coz aku juga ngalamai itu?

  5. waduh brooow, sy mo coba neh obat, mudah2n manjur, apa ada info yg lebih buat cantengan. anak sy dah 4 th cantengan n d oprasi dah 3 x tp kambuh lagi

    • biar.n ajj,
      nanah_y keluar.n pas dah emang waktu_y,
      nanti jga bakal kempes, dan pd waktu itu tahap penyembuhan_y bkal terjadi,,,

      coz, waktu gwa canteng.n gtu sembuh_y….
      tq

  6. Maaf saya mau nanya, gmn carany ngobatin klo kakinya udah trlanjur bengkak dan bernanah. Makasih

    • Klo sy pribadi anjurkan utk ke dokter. Tapi sy dulu dengan membersihkan dulu cantengannya dari kotoran dengan alkohol+revanol kemudian saya beri salepnya.. semoga membantu.

  7. Mau tau dunk,,,, salep untuk cantengan itu apa??? Bli dimana???

    • Silahkan di baca kembali artikelnya, sudah saya update utk resep tambahan dan salepnya, terima kasih atas komentarnya.

  8. mav… q mo nanya dunk…q punya kebiasan buat ngeluarin kotoran yg da di ibu jari… mlm nie q ngerasaklo ibu jari’na q tuh sakit, nyeri, n berdenyut2…. kira2 klo dah kya gni blh pake obat yg ada di artikel di atas gak…?!
    mohon bantuan’na… semoga cpt di bales…
    trim’s

  9. terima kasih,,dan mau dicoba..buat indah ya itu namanya cantengan or kekeongeun

  10. Pengalaman Pribadi saya, udah pake bermacam cara, dari alkohol, rivanol, minyak tanah, rendam air anget bergaram, obat tetes yg dijual diinternet, dll dan tau kah ternyata obatnya selama ini udah sering kita dengar, tapi tidak ada yg pernah mencoba pada penyakit cantengan…. ALBOTHYL yak benar !!!!, ternyata obat ini sangat powerfull, dia mematikan permukaan jaringan yg ditetesi obat ini, termasuk kulit infeksi akibat cantengan… teteskan beberapa kali sehari terserah.. dan lihat hasilnya… saya udah buktiin, dan ingin berbagi.. sebab saya bisa merasakan desperate nya orang yg menderita cantengan dan dibayangi2 solusi harus cabut kuku… hi sereemmm… :)

    • Nife info gan, tkhs…

    • yakin tu gan
      pake albothyl?

    • ditetesin berapa kali?

    • yakin itu obatnya karena saya juga kena cantengan udah 1 tahun

    • albothyl itu yg gimana… klau bisa ksih gmbarnya…

  11. iya nih..cantengan bikin jengkel jadi tdk pede pke sendal..mohon saranx donk menghilangkan pyakit ini.

    • Saran dan masukan udeh banyak tuch di Komentar teman2 semua…

  12. thank’s bwt artikel n sharing penyembuhanya..dan jangan lupa ber DO’A spy cpet sembuh,amin

  13. wktu smp kls 3 kuku jmpol kakiku aku potong bagian pinggirnya krna aku malas seb el sama kotoran yg selalu ada. tapi smpai sekarang (brti sdh 20 Thn) bagian yg aku potong itu gak mo tumbuh sempurna, alhasil ku2nya tumbuh jelek dan sering cantengan..apa dgn operasi bisa dijamin ku2 bisa tumbuh sempurna seperti dulu..?
    tolong aku dong..jadi gak pede pake sandal yg terbuka…

    • waduuuhh,
      kjadian’na sm persis dgn ak…,

      gra2 cantengan in pun kuku jempol ak bau,
      ap lg klo udh kna air,makin lembab dan makin bau,kulit di sekitar kuku pn kering dan terkopek,
      sumpah,gk pede x rs’na.pa lg klo udh ngmpul breng temen.

  14. coba kompres pake parutan jahe plus garam tiap hari, bengkaknya kempes dan selama di kompres biarin ja kukunya tembus biar ga cantengan lg (pangalaman cantengan dari SMP sampe SMA mpe dagingny keluar and bauny minta ampun) pake cara diatas sembuh mpe skrg dan ga kambuh2 lg.

  15. tolooooooong…!

  16. alborhylx brapa kali tets gan per harix

  17. Mau Tanya kan cantengan gw udahhh lama tapi bersifat kering jadi jempol kaki ku kuku sampingnya nggak tumbuh jadi bolong menghitam gitu bisa nggak disembuhin supaya kukunya tumbuh dengan bagusss…jadi aku nggak malu lagi pakek sendalll senbelumnya makasih ya…

  18. Ya,katanya dokter harus diambil sebagian kukunya tapi saya masih cari alternatif krn serem kalau di ambil,selain albothyl ada lagi gak….

  19. Wah pas banget ni,lg ada yg cantengan

  20. resepnya bagus

  21. trima kasih sarannya. saya juga mengalami hal seperti itu. Tolong doakan saya ya, semoga penyakit cantengan saya sembuh tanpa operasi amin…

  22. saya mau tanya Albothyl yg untuk sariawan ya?trmksh

  23. jempoll kaki aku udh bengkak.ungu bangat. gimana obatin’a ?
    kata mama cabut kuku aja. tp aku pribai takut.

  24. kuku-ku ngga mau tumbuh kluar neh padahal udah lama.
    Yang satune juga ngga mau tmbh pdhl udh oprasi akibat cantengan,
    Skrng palah jadi jelek banget tumbueh gmna solusinya?

  25. all,
    saya jf ngalami hal centengan ini,, waduw udah lama bngat sejak 2008,, sdh 3 kli operasi jg,,, tp masih….
    mohon kiranya saya bisa dibantu….
    oleh krn ini saya jd tdk PeDe an,, pls help….
    thank’s sebelumnya buat para pembaca… terlebih yg memberi saran…

  26. saya udah lebih dari 6 tahun cantengan, dan itu udah sembuh, terus kambuh lagi dan berlangsung berkali” saya bingung banget gimana cara mengobatinya, kalo udah ketika cantengannya biasa cuma dicabut pake gunnting kuku, tapi skarang udah ga berani cabut lg, coz udah ungu warna kaki saya, selain itu dagingnya sampai keluar… saya akan coba setiap resep dan komentar dari kalian semua… doakan agar cepat sembih ya… gbu.

  27. jari kaki saya sakit banget,kalau stiap mau berjalan kesekolah..
    obat yg amph apaan sii…

  28. makasih atas semua saran’x….
    saya akan coba, mudah”an brhasil “amin”

  29. salep “garamicyn” itu dari dokter atau ada di toko obat ya?

    • Di apotik juga ada kok…

  30. Sy jumat lalu maen bultang tdk pake kaos kaki setelah sepatu dilepas ternyata kuku kaki jempol sebelah kiri terangkat sedikit dan berdarah, nah setelah sy baca forum ini sy coba pake krim garamycin barusan ini moga-moga aja bisa sembuh..Aamiin. thx infonya Bro Jalod.

  31. aduh gimananih biar cepet sembuh

  32. aku cantengan di jempol kaki…kira2 dah 1 minggu dan udah keluar daging disampinggnya..da klo lagi jalan agak lama sedikit keluar darah banyak banget…aku dah kasih saleb garamycin dan revanol tetep ja ga sembuh2 juga,,,aku dah pake parutan kunyit tp tetep ga hilang daging numbuhnya…saya minta sarannya harus gmn???makasih sebelumnya..tolong infonya y

  33. cantengan paling susah di ilangin di jempol

  34. oia daun inai tuh bisa nyembuhin sampe berapa kali pemakaian?

  35. apa cantengan itu juga d sbbkan krn binatang yg mnggigit kulit//?

  36. makasih untuk saranya tapi cantengan di kaki saya masih bengkak tp gak sakit lagi

  37. sy lg cantengan nich dah skitar 1 bulanan lebih,tp sy baca artikel d internet soal mengobati cantengan dgn cara..melumatkan 2 siung bawang putih dan 2 siung kemiri di tmbah garam..rasanya tuh lumayan nyut nyutan..yang mau saya tanyakan apakah cara itu benar??

  38. ini yg kucari2….tips buat si kuku cantengan,

    makasih yaa,
    ak mo coba ni,mdh2an sembuh,
    cantengan in udh ak alami sjak 11 thn yg llu,,:’(

    bner2 ah,trsiksa ak dbt’na.

    • sy jg udah 5th cantengan tp ga sembuh”
      malah jempol kaki saya 2’2y cantengan
      udah cabut kuku pun masih tetep aja cantengan lg
      daging’a sampai kuar
      jd malu n minder bgt kl pake sandal :(

  39. ak uda 5 bulan cantengan di jempol kanan…
    krg nambah lagi cantengannya di jempol kiri..
    ak mw coba dlu resepnya yg di atas gan…thx

  40. Trimakasih sudah kasih resepnya Bro.. Ini sangat bermanfaat.sekali bagi kami…

  41. q cantengan udah hampir 8bulanan,g sembuh2 walau ud d ksih salep,revanol,alkhol.
    sking lmany smp daging^y keluar sakit bngt,bengkak.
    d tambh lagi q kerjny d lapngn golf yg setiap pagi septu q tembus air kena embun.
    tmn q menyrnkan hrus d oprasi v q,tkut g brani.
    obt yg manjur tanpa oprasi ap,q bngung,ap hrus d coba stu2,obt2n yg d atas,
    tlong blzny y. . .

  42. Iya makasih untuk pengobatan ini q akan coba

  43. Terus q mau nanya apa berlaku obat yang d atas kalo dagingnya udah keluar

  44. Iya apa ada yg lebih cepat soalnya q juga dah d operasi atau d cabut 2 x tapi kambuh lagi

  45. cantengan nya bikin rese, dari SMP smpe udh lulus SMA gini masih aja suka kambuh cantengannya, kalo udh bengkak, biru, bikin malu sumpah. ga pede maen sm temen2, baunya juga ga sedep banget sumpah. meski cantengan sembuh, tapi ko baunya ga ilang? akibatnya, cantengan suka kambuh lagi. gimana dong caranya? buat bikin cantengan ga kambuh2 dan hilang bau tak sedapnya selamanya? apa pake albothil beneran ampuh? kalo ampuh, dlm sehari brapa tetes pakenya?

  46. Saran saya jangan dulu dioperasi sebelum coba alternatif lain. soalnya gua udah 1 thn cantengan gua operasi tapi efeknya cuma sebentar waktu kukunya mulai tumbuh cantengannya kambuh lagi. so, kalian bisa coba cara lain selain operasi

  47. toollonggggggggggggg dah 5thn cantengan w gk smbuh dah pke obat tradisonal jg gk smbuh”………….. mw mke sptu skit trus>
    jln satu” ny cma di oprasi duank tpi w tkut dah gtu mhalllllllllllllll lgeeeeeeeeeee…………..

  48. Aduh gue lagi cantengen nih 4 hari gak smbuh2. Pusing

  49. Gua pnya sdkit informasi nh , tiap pagi kompres dngan aer panas , lalu tiban dngan obt yg nma.a super tetra ! Ada ko d.apotik.
    Klo d.pke.a rutin d.jamin bkalan sembuh ga kmbuh” lg dan kuku.a jdi ckep kmbali !
    Good luck<

    • Nice Info, smoga membantu… terima kasih

  50. help me… ane lagi centengen mampus di jempol kaki kiri, mo pake sepatu taku kesenggol, mo naik tangga takut kesenggol, mo injek kopling takut kesenggol. dah deh ane jagain aja ni canteng. itung-itung ni hadiah dari Allah.

  51. thanks infonya

  52. saya sering bgt cantengan ,krna kuku saya selalu tumbuh sampai nusuk daging jmpl .biasanya saya opersi sndri pke silet.tp trs tmbh lg ada yg tau ga caranya biar kuku tmbhnya tidak smp nusuk daging jmpl

  53. Gan, Ane Baru Nemu nih, Setelah 3thn Cantengan, dan 1x Operasi (Gag Sembuh) , Ada Obat yg Manjur, ada beberapa Steps : 1. Setiap Pagi, sore dan malam sebelum tdur Kompres Luka Cantengan dengan air Hangat (soalnxa kalau direndam Nyerinya ampe ke ubun2) 2. Setelah di rendam dan kulit memutih, Bersihkan nanah dan luka dengan Kain yg bersih (Kasa atau Perban) jgn dengan Kapas!!! Karena akan ada sisa2 kapas yg menempel 3. Setelah di bersihkan biarkan Kaki yg Cantengan Kering (skitar 3mnt) 4. Teteskan Albothyl «~(obat ini ada di apotek) 1 sampe 2 tetes setiap selesai kaki di kompres dan di bersihkan 5. Biarkan Mengering , Lakukan Metode ini Setiap hari selama 3 hari berturut_turut jgn ampe terputus, dalam waktu 2 hari pun udah keliatan koq tanda2 kesembuhan, Pantangannya antara Lain : 1. Setiap kali Memakai Kaos kaki Tutup luka cantengan dengan Kasa atau perban yg halus, 2. Jangan Memotong Kuku anda, Sampai kuku itu terus Tembus atau muncul keluar di sela2 daging, kenapa?? Karena kalau terus di potong lancip , kuku akan terus2 kembali mendorong ke arah daging yg cantengan, jd biarkan saja kuku terus tumbuh , sampai cantengan sembuh baru bisa anda rapikan(tp jgn potong dalem2 lg) 3. Usahakan Kaki yg cantengan jangan terkena air saat anda mandi , ikat dengan plastik atau semacamnxa , Semoga bermanfaat

    • Mekasih berat gan atas infona. Ane edit langsung nich buat nambahin tulisan juga share yang membutuhkan. Semoga bermanfaat dan menjadi amal ibadah buat kite semuanye….

  54. Gan, Ane Baru Nemu nih, Setelah 3thn Cantengan, dan 1x Operasi (Gag Sembuh) , Ada Obat yg Manjur, ada beberapa Steps : 1. Setiap Pagi, sore dan malam sebelum tdur Kompres Luka Cantengan dengan air Hangat (soalnxa kalau direndam Nyerinya ampe ke ubun2) 2. Setelah di rendam dan kulit memutih, Bersihkan nanah dan luka dengan Kain yg bersih (Kasa atau Perban) jgn dengan Kapas!!! Karena akan ada sisa2 kapas yg menempel 3. Setelah di bersihkan biarkan Kaki yg Cantengan Kering (skitar 3mnt) 4. Teteskan Albothyl «~(obat ini ada di apotek) 1 sampe 2 tetes setiap selesai kaki di kompres dan di bersihkan 5. Biarkan Mengering , Lakukan Metode ini Setiap hari selama 3 hari berturut_turut jgn ampe terputus, dalam waktu 2 hari pun udah keliatan koq tanda2 kesembuhan, Pantangannya antara Lain : 1. Setiap kali Memakai Kaos kaki Tutup luka cantengan dengan Kasa atau perban yg halus, 2. Jangan Memotong Kuku anda, Sampai kuku itu terus Tembus atau muncul keluar di sela2 daging, kenapa?? Karena kalau terus di potong lancip , kuku akan terus2 kembali mendorong ke arah daging yg cantengan, jd biarkan saja kuku terus tumbuh , sampai cantengan sembuh baru bisa anda rapikan(tp jgn potong dalem2 lg) 3. Usahakan Kaki yg cantengan jangan terkena air saat anda mandi , ikat dengan plastik atau semacamnxa , Semoga bermanfaat

  55. SETAU SAYA kalu sudah terkena cantengan udah tida bisa sembuh lggg ………….
    resiko
    ga P D
    bau
    kuper dll.

    tv kita jngn lpa tuk brdoa kpda alloh swt ……….
    kalo ada yg mengejek kmu lz aja
    TAQDIRRRRRRRRRRRRR
    HAahahahahahahha

    santai aja bro tdak mnimbul kn kmatian kooooooooo

    saran saya jngan malu PD AJA krna klo malu nanti MELARATT …….

    PD KLO ADA YG SABAR

    KANA Aalloh adlh mha adillllllllllll

    sukueri apa ada ya hidup adalah anugrah hahahaha d masiv coyyyyyyyyy

    slow aja lah jngan d pkirin

  56. kekeongeun atau cantengan obatya adalahhhh ………………………..
    085322506612
    sms aja dehhhhhhhhhhhhhhhhhhh nii

  57. kata ibu n tmen2 ane nih ya gan
    cukup di olesi obat minyak kayu putih/semacamnya
    insyaAllah sembuh :)

  58. Aku punya obat kuku cantengan hasil racikan dokter spesialist kulit. Saya juga pernah mengalami bagian jempol tangan, sangat menyiksa berkat obat itu Sekarang sdh sembuh alhamdulillah.
    mau lihat resepnya klik di http://www.obatkuku.blogspot.com

  59. jempol kakiku cantengan lagiii ..kek judul lagu

  60. Help me sy dh hmpir 3th cantengan awalnya sh jempol kaki sblah kri stlah 3thn jmpol knan kri sy kna smua dagingnya ampe kluar minute bau lg…oyah pngn tnya klo pngobtan cra tradisional yg pke bwang merah apakah kukunya yg lpas pa kulit’y yg terklupas….tolong bls sy btuh bngt tntng informasi nh…thnk u

  61. baru x ini gw cantengan bro… nyut2 bgt… bengkak … yg manjur apa obatnya.. mks…

  62. Kabeneran pisan yeuh nuju keongeun. Hatur nuhun pisan akh. Bade d cobian.

  63. saya cantengan mulai dari kelas 3 SD sampe sekarang sem 6… berawal cantengan akibat memotong kuku terlalu pendek jempol sebelah kiri.. uda 3 x saya kasih daun pacar tapi tak sembuh juga…pas SMK kelas 1 jempol kanan kaki saya pun ikut cantengan dan uda 3 x dikasih daun pacar… tapi tak kunjung sembuh juga… setelah saya pikir2.. lebih baik gak usa motong kuku hingga kuku tembus sampe kedepan.. terutama kuku yg disamping atau yg sisi nya itu.. karena klo belum panjang kuku yg dismping itu mka kuku atau daging pinggir ny itu berlubang atau berongga disitu lh bau yg sangat tak enak yg membuat kita mnjadi malu dan enggan memakai sendal terbuka.. apalagi pas ketemu sama cewe cantik trus dia liatin jempol kita perasaan kita itu sangat kacau bahkan malu untuk bertemu dia kembali… sampe saat ini jempol saya blum sembuh juga.. Sabar kepada Allah SWT

  64. cara cara di atas sudah terbukti belum?

  65. it albothil d cmpur aer dlu g bos?
    gw udh cbut kuku 2x tpi tetp aj kmbuh lg..

  66. ya saya juga pada saat kelas 1 smp dari sekarang gak sembuh sembuh apa benar dikasih garamicyn bisa sembuh.berapa hari?

  67. aduh bray kaki jempol aku k’2nya cantengan,mulai q 1 smp smp skrang 3 sma..
    udah makai daun pacar,minyak tanah,dll
    ttp aja msih cantengan,,
    siapa yg tau obat ap yg ampuh n agar cantengan x ga kambuh lagi

  68. huuuft. . .
    cantengen lg. cantengen lg. .ni pexakit gag ilang”. .sangat menyiksa. .qw sring bnget cantengen n dah 1 kali oprasi. .tpi. .msh aja kmbuh. . .
    aq akn c0ba resep” dr tmen” smua. .d0ain yach. .

  69. […] Penyakit Cantengan dan Obat Tradisionalnya | Jalod's […]

    • Silahkan dicoba semoga lekas sembuh…

  70. emang bener ,cantengan tu penyakit yang menyiksa.
    sampe bosen ni ngurusin jempol yang cantengan.
    udah 2 tahun dan 1x cabut kuku tetep gak sembuh.
    saya mau nanya ni,obat yang palinv manjur menurut kalian yang mana ni ?

  71. emang bener ,cantengan tu penyakit yang menyiksa.
    sampe bosen ni ngurusin jempol yang cantengan.
    udah 2 tahun dan 1x cabut kuku tetep gak sembuh.
    saya mau nanya ni,obat yang paling manjur menurut kalian yang mana ni ,tolong jawabannya

    • setiap penyakit pasti ada obatnya, tetap berusaha dan bersabar. Coba dulu yang mana menurut anda yang mudah dan lakukan dengan rutin..

  72. aku udah lama cantengan sampe kukuku rusak, kalo ke sawah itu tanah pada masuk,,
    apakah dengan cara2 diatas kukuku bisa bagus lagi?
    mohon jawabannya!!!!!

    • setiap penyakit pasti ada obatnya, tetap berusaha dan bersabar. Coba dulu yang mana menurut anda yang mudah dan lakukan dengan rutin..

  73. kalo q dulu pakai bensin,cepet sembuhnya,,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: