Oleh: Jalod | 05/06/2009

Mengenal manfaat jintan hitam


jintan-hitamJintan merupakan tanaman rempah yang termasuk kedalam famili Ranunculaceae. Jenis yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah jintan putih (Cuminum cyminum L), Jintan Manis (Pimpinella anisum L) dan Jintan Hitam (Negella Sativa L). Jintan Putih dan Jintan manis yang juga dikenal dengan nama adas manis banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau bahan tambahan jamu-jamuan, namun jintan hitam selain berfungsi sebagai bumbu masak juga lebih banyak dikenal masyarakat sebagai tanaman obat tradisional yang cukup banyak mengandung khasiat dan manfaat dan sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Jintan hitam dipercaya berasal dari Mediterania (seputar Laut Tengah), sebelum tersebar ke berbagai belahan dunia, termasuk ke Asia. Bentuknya kecil berserabut, ukurannya tidak lebih dari 3 mm, dapat tumbuh sampai pada ketinggian 1100 m dari permukaan laut. Biasanya ditanam di daerah pegunungan ataupun sengaja ditanam dihalaman atau ladang sebagai tumbuhan rempah-rempah. Daerah sentra produksi Jintan di Indonesia adalah Sumatera dan Jawa serta di berbagai daerah lainnya.

Klasifikasi dari Jintan hitam adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Divisio : Magnoliophita
Class : Magnoliopsida
Family : Ranunculaceae
Genus : Nigella
Species : Nigella sativa. Linn

Jintan hitam berwarna ungu kebiruan atau putih, termasuk tanaman terna setahun, berbatang tegak, berusuk dan berbulu kasar. Daun bentuk lansep, panjang 1,5-2 cm. Bunga berwarna kuning. Buah bulat telur atau bulat. Biji hitam berbentuk kerucut.

biji-jintanBentuk luar dari Jintan hitam adalah : biji agak keras, menyerupai kerucut ganda dengan kedua ujungnya meruncing, kerucut yang satu lebih pendek dari yang lain, bersudut 3 sampai 4, panjang 1,5 mm sampai 2 mm, lebar lebih kurang 1 mm ; permukaan luar berwarna hitam kecoklatan, hitam kelabu sampai hitam, berbintik-bintik, kasar, berkerut, kadang-kadang dengan beberapa rusuk membujur atau melintang. Pada penampang melintang biji terlihat kulit biji berwarna coklat kehitaman sampai hitam, endosperm berwarna kuning kemerahan, kelabu, atau kelabu kehitaman ; lembaga berwarna kuning pucat sampai kelabu.

kulit biji : Epidermis luar terdiri dari selapis sel yang termampat, bentuk memanjang, kadang-kadang berupa papila pendek, dinding tipis, warna coklat muda atau coklat kehijauan.

Nama simplisia jintan hitam adalah Nigellia sativae Semen, Melanthii Semen, atau biji jintan hitam.

Penggunaan jintan hitam sebagai obat-obatan telah dilakukan jutaan orang di Asia, Timur Tengah, dan Afrika untuk menjaga kesehatan.

Khasiat utamanya adalah bersifat sebagai diuretik dan karminatif.

Masyarakat di Timur Tengah telah mengenal Jintan hitam yang disebut sebagai habbatus sauda (biji yang menyenangkan) atau habbatul baraka, artinya biji yang membawa berkah lebih dari 2.000 tahun lalu. Mereka memanfaatkan tanaman ini untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan,misalnya sakit gigi, nyeri sendi dan flu. Minyak dan herbanya diyakini bisa mengobati penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, saluran pencernaan, gangguan lambung dan lever serta untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Biji jintan hitam antara lain mengandung minyak atsiri, minyak lemak, dan saponin. Kandungan lainnya adalah melantin, zat pahit nigelin, nigelon, dan timokinon. Minyak atsiri pada umumnya bersifat anti bakteri, anti peradangan dan menghangatkan perut.

Jintan hitam juga mengandung karotin yang dapat berfungsi sebagai antikanker, hormon seks alamiah, zatpendorong produksi airseni dan empedu serta enzim-enzim pencerna dan anti keasaman. Selain itu jintan hitampun mempunyai zat penenang sekaligus penyemangat.

Prof. G. Reitmuller, Direktur Institut Ilmunologi Universitas Munich berpendapat bahwa jintan hitam dapat meningkatkan jumlah cells T yang dapat meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Keampuhan ekstrak Nigella ini, diakui oleh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian, Nigella dapat dijadikan obat untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, seperti kanker dan AIDS. Meningkatkan Kadar Testoteron pada laki-laki.

Khasiat lainnya adalah mengurangi berat badan dan lingkar perut, menurunkan tekanan darah, gula darah puasa, trigiliserida dan kolesterol HDL, asam urat, adiponektin, dan high sensitive C-reactive protein (hs-CRP).

Written by Diratpahgar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: