Oleh: Jalod | 09/06/2009

Manfaat Garam Untuk Kecantikan


Sudah ribuan tahun lamanya garam dikenal sebagai salah satu zat yang berguna untuk kecantikan. Dengan harga yang murah, banyak keuntungan yang diperoleh bagi kulit maupun rambut, selain tentu saja untuk seribu satu macam keperluan lainnya.

Obat gigi pemberian alam.
Satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat mampu menjadikan gusi lebih kuat dan membantu memutihkan gigi. Untuk menghilangkan sakit kerongkongan, berkumurlah dengan air garam.

Mata yang lelah
Mata yang lelah dapat dimandikan dengan larutan seperempat sendok teh garam dan setengah liter air hangat. Untuk menghilangkan gembung sekitar mata, celupkan kapas dalam seliter air panas yang dibubuhi sesendok teh garam. Letakkan kapas pada mata, berbaringlah dan relaks.

Untuk merangsang kulit kepala dan menghindari ketombe
Buatlah adonan satu cangkir garam dicampur 5 sendok teh air. Gosokkan adonan tadi pada kulit kepala, biarkan 5 menit sebelum rambut dikeramas.

Kulit yang kecoklatan kena sinar matahari memang menarik.
Tapi kalau sudah beberapa lama akan menjadi tidak rata coklatnya karena bagian-bagian tertentu mulai “meluntur”. Untuk membersihkannya, campurkan garam dengan minyak zaitun masing-masing dalam porsi yang sama. Dengan lembut oleskan pada wajah dan lakukan massage (pijatan) dengan gerakan vertikal ke atas. Biarkan selama 5 menit, lalu hapus dengan handuk. Cucilah kemudian dengan sabun yang lembut dan bilas bersih-bersih dengan air.

Untuk menghilangkan lelah.
Ketegangan dan merangsang peredaran darah, berendamlah dalam air hangat yang telah diberi campuran berikut ini: Mula-mula sebarkan garam di sebuah panci timah yang datar. Basahi sedikit dengan campuran alkohol, cologne dan beberapasendok teh sari buah. Biarkan beberapa saat, sambil sekali-kali diaduk, sampai alkohol dan parfumnya menguap. Simpanlah campuran ini dalam tempat yang tertutup, untuk kemudian dilarutkan dalam air mandi yang hangat.

Agar kulit kering kaki terangkat
Rendam kaki yang sakit dan kecapaian dalam air hangat yang telah dibubuhi garam segenggam. Urut dan pijat-pijat dengan garam agar kulit yang kering dapat terangkat. bilas dengan air dingin dan keringkan. setelah itu taburi dengan bedak talk atau bedak khusus untuk kaki.

Untuk badan yang memar dan keseleo
Cobalah kompres dengan campuran 2 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat yang telah diberi cuka.

Untuk menghilangkan bisul yang tak kelihatan
Larutkan 1 sendok teh garam Epsom (garam yang mengandung magnesium sulfat) dengan 1 sendok makan garam biasadalam secangkir air mendidih. pakailah ini sebagai kompresan panas.

Kalau anda mempunyai noda yang tidak menyenangkan
Cobalah memanaskan garam dapur yang kasar dalam kuali. Kalau sudah panas, dengan hati-hati tuangkan garam kering tadi ke dalam kaus kaki yang bersih. letakkan pada bagian noda, biarkan sampai garam menjadi dingin.

Iklan

Responses

  1. emang benar garam berkasiat untuk kulit?saya bekerja di pabrik garam ko” kulit saya malah gatal2 yo………

  2. bisa gk ya garam bisa menyembuhkan penyakit kulit / kudis ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: