Oleh: Jalod | 09/06/2009

Manfaat Garam Yang Ramah Lingkungan


Garam di tempat yang salah bisa merusak lingkungan – seperti sanitasi di daratan, atau air yang terkontaminasi. Tapi juga sebuah barang yang benar-benar berguna – pada kenyataannya, tubuh kita tergantung pada garam untuk bertahan hidup. Tapi garam bukan hanya berguna untuk tubuh kita. Untuk mendukung gerakan ramah lingkungan, garam juga memiliki peranan penting. Garam dapat digunakan sebagai alternatif lain dari bahan-bahan kimia untuk kepentingan di sekitar rumah. Selain murah, Anda juga bisa ikut berperan dalam menyelamatkan lingkungan.

Berikut beberapa kegunaan garam untuk sekitar rumah:

Untuk Semir
Dengan mencampurkan garam dan cuka lalu membuatnya jadi larutan semi kental, campuran ini dapat digunakan untuk membersihkan perak dan tembaga. Gunakan kain yang lembut untuk menggosoknya, lalu cuci dengan air hangat dan keringkan.

Pembersihan
Campuran ini biasanya digunakan sebagai alat kerja di supermarket – untuk minyak dan tempat telur, tutupi tempat itu dengan garam, demi mempermudah pengambilan.

Garam sebagai pembersih pipa saluran
Garam dan air panas dalam jumlah yang sebanding yang kita tuang ke dalam saluran pipa akan dapat membantu menghilangkan bau tak sedap dan dapat membantu melarutkan minyak, juga membantu memperpanjang usia pipa. Tetapi cara ini mungkin sebaiknya tidak dipakai pada sistem pembuangan air limbah kotor, yang mungkin dapat membunuh bakteri baik yang berperan sangat penting untuk menghancurkan zat padat.

Membebaskan jendela kaca dan kaca mobil dari embun
Bersihkan bagian dalam jendela kaca di rumah dan mobil Anda dengan spons yang telah dicelupkan ke dalam larutan air garam, lalu keringkan. Cara ini akan membantu mencegah pengembunan selama cuaca dingin. Selain itu, dengan menggosokkan kain kecil yang telah dibasahi dengan garam pada kaca bagian depan mobil Anda, maka juga dapat mencegah pengembunan. Pada iklim bersalju, cara ini dapat mencegah terbentuknya es pada kaca.

Garam Untuk Membersihkan
Campuran garam dan air panas yang seimbang dapat digunakan untuk bau tak enak dari rerumputan, juga membantu membuatnya tumbuh lebih cepat.

Cara paling bersahabat untuk membasmi gulma
Campuran garam dan air panas dengan perbandingan 1 : 3 dapat dituang secara langsung ke atas gulma untuk membasmi mereka.

Untuk Menggosok Jamban dan Panci
Taburkan garam ke alat masak yang kotor sebelum menggosoknya.

Menghilangkan Noda Teh dan Kopi
Untuk menghilangkan noda teh dan kopi di cangkir, taburkan garam ke spon dan gosok dengan arah memutar di bagian nodanya.

Mensterilkan Spon
Spon dapur tempat yang biasanya digunakan berkembang biak bakteri. Dengan merendam spon di larutan air garam akan membantu membunuh kuman.

Papan potong yang berbau tidak sedap
Papan potong dengan bau yang tidak sedap menandakan adanya bakteri, dan ini bukan hanya masalah bau pada papan potong, tetapi juga merupakan masalah kesehatan.
Bakteri dapat dihilangkan dengan garam, oleh sebab itu usapkan garam pada area papan potong Anda yang beraroma tidak sedap, biarkan sebentar lalu bilas, papan potong Anda akan menjadi berbau segar dan menjadi bebas bakteri!

Pemadam kebakaran
Simpan sekotak garam sedekat mungkin sebagai alat pemadam api pada saat keadaan darurat untuk memadamkan kebakaran akibat minyak. Tetapi ia tidak boleh menggantikan alat pemadam api yang sesungguhnya, hanya untuk menjadi cadangan yang baik.

Pencegah Hama
untuk mengusir semut taburkan garam di tempat di mana binatang ini berkerumun.

Pencuci mulut dan obat kumur
Larutkan sekitar seperempat sendok teh garam ke dalam setengah sendok makan air hangat. Ratakan ke seputar mulut Anda lalu kumur-kumur. Saya juga telah merasakan manfaatnya, ini benar-benar membantu ketika berhadapan dengan sakit gigi.

Pembersih Setrika
Selama bertahun-tahun, setrika sedikit lengket karena terlalu sering digunakan. Untuk menguranginya, taburkan garam pada selembar kertas lalu setrika kertas itu.

Mencegah terbentuknya noda pada cerobong
Jika Anda menggunakan pembakaran kayu untuk kompor atau tungku pemanas, jelaga dan cairan ter kayu akan terbentuk pada cerobong asap, hal ini telah mengurangi estetika dan juga dapat meningkatkan risiko kebakaran pada cerobong asap. Segenggam garam yang dilemparkan ke atas nyala api adakalanya dapat membantu menghilangkan jelaga.

Ini hanya sedikit hal dari beberapa manfaat garam yang banyak sekali. Tapi harus diingat, terlalu banyak garam di saluran air atau bahkan di halaman belakang akan merusak lingkungan, jadi gunakan secukupnya saja.

Iklan

Responses

  1. apakah air hangat garam dapat mengkeroposkan gigi…???

    • Gigi keropos karena beberapa faktor:
      1. Usia
      2. Makanan
      3. Minuman
      4. Obat
      5. Perilaku
      Nah utk air hangat garam masuk dalam kategori obat.
      Bila sering/bahkan hampir tiap hari bisa mengakibatkan keropos.
      Klo penggunaannya sekedar obat, tidak apa2 kok.
      Yang penting jauhkan minuman ringan yang beralkohol anda sehari-hari..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: