Oleh: Jalod | 07/07/2009

Flu Babi Dapat Sembuh Tanpa Berobat Ke RS


Flu BabiVirus flu babi mulai menyerang Indonesia. Jakarta dan Pulau Dewata dikabarkan menjadi kawasan yang paling banyak menimbulkan korban. Hingga kini, sedikitnya 20 orang terjangkit virus tersebut.

Kendati korban mulai berjatuhan, pemerintah tetap optimistis bahwa virus ini tidak akan menimbulkan korban layaknya flu burung beberapa waktu lalu, yang menewaskan seratusan warga negara Indonesia.

“Flu babi sangat berbeda dengan flu burung. Bahaya flu burung lebih tinggi 200 persen daripada flu babi,” ujar Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Departemen Kesehatan Tjandra Yoga Aditama saat dikonfirmasi okezone, Selasa (7/7/2009).

Selain itu, kata dia, 95 persen penyakit flu babi dapat disembuhkan tanpa harus berobat ke rumah sakit. Dari 190 negara, 120 di antaranya terdapat virus flu babi. “Jadi virus ini sudah biasa dan tidak akan separah flu burung,” tandasnya.

Kendati demikian, kata dia, pemerintah akan tetap tanggap dengan kasus flu babi. Pemerintah sudah menyiapkan sejumlah strategi guna mewaspadai maraknya virus H1N1 tersebut. Di antaranya, penanganan di rumah sakit, penyediaan obat, pemeriksaan di pelabuhan dan bandara, dan penelitian di laboratorium.

Selain itu, pemerintah juga terus berkoordinasi dengan negara tetangga untuk mewaspadai virus tersebut. “Kami juga akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat, salah satunya melalui media massa,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: