Oleh: Jalod | 18/05/2010

Teh Cegah Gigi Berlubang..!


Bicara soal kesehatan gigi tak pernah lepas dari senyawa fluoride. Senyawa ini memang berperan mencegah terjadinya gigi berlubang.
Salah satu bukti, sebelum PD II, sebagian besar anak berusia di bawah 12 tahun, di Australia mengalami gigi berlubang. Setelah fluoride diketahui mampu mencegah gigi berlubang dan digunakan dalam pasta gigi, jumlah anak penderita gigi berlubang berkurang secara drastis.

Drg. Felix Aryadi Joelimar MD.SC, dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia mengungkapkan hal itu dalam diskusi kesehatan gigi masyarakat di Indonesia pada 25 September 2002, yang diselenggarakan “Triple Ace Corporation”, produsen pasta gigi “Antiplaque”. Disebutkan, pemakaian fluoride bisa dengan cara dimasukkan ke dalam air minum dengan takaran tertentu, pasta gigi, atau tepung. Tentu saja tak semuanya ekonomis. “Yang paling ekonomis adalah melalui pasta gigi atau air minum,” jelasnya.

Fluoride sebenarnya juga diperoleh dari bahan makanan yang kita konsumsi. Menurut drg. Felix pada dasarnya semua tanaman mengandung fluoride. Hanya saja kandungannya tidak sama. Ada yang tinggi, ada pula yang rendah. Salah satu tanaman yang kaya fluoride adalah teh, terutama yang berasal dari pucuk teh berkualitas baik.

Jadi, kita bisa mencegah gigi berlubang dengan fluoride dari berbagai sumber. Yang penting, jangan berlebihan, karena justru bisa bikin korosi gigi. Nah lo! (Gde)

[Kompas]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: